Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Sikecil Tumbuh Kreatif

Kreatifitas tidak muncul begitu saja. Bila Anda menginginkan si kecil menjadi anak yang kreatif, peran aktif Anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan. Melalui berbagai cara sederhana, si kecil pun bisa tumbuh menjadi anak yang kreatif sesuai harapan anda. Kreatifitas anak dimulai sejak usia 2 tahun, karena pada usia tersebut kemampuan kognitif anak sudah lebih berkembang dan alur berpikirnya sudah mulai jelas, sehingga berbagai kegiatan kreatif sudah mulai bisa dilakukan bersama anak.

Kreatifitas itu sendiri bisa berbentuk kreatifitas dalam berbagai bidang, mulai dari bidang seni hingga kreatifitas dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu dapat anda rangsang melalui berbagai kegiatan bermain. Dari situ, bukan tidak mungkin bakat si kecil bisa mulai terlihat sehingga Anda bisa membantunya mengembangkan bakat tersebut. Untuk itu, berikut ini Tips yang perlu Anda ketahui dalam rangka mendidik si kecil menjadi anak yang kreatif:

1. Ciptakan Suasana Yang Bebas dan Menyenangkan. Kreatifitas akan muncul jika anak melakukan kegiatannya tanpa ada tekanan dari orang tuanya, misalnya banyaknya aturan-aturan yang harus diikut, atau orang tua yang terlalu banyak berkomentar. Dengan demikian anak akan bebas untuk mencoba melakukan berbagai hal yang ia inginkan

2. Biasakan Memberi Pertanyaan Yang Membutuhkan Lebih Dari Satu Jawaban. Misalnya, saat mengajarkan anak berhitung lebih baik pertanyaan : “Enam itu sama dengan angka berapa ditambah angka berapa?” daripada “Tiga tambah tiga sama dengan berapa?”.

3. Tanggapi Pertanyaan Anak Dengan Serius. Tanggapilah semua pertanyaan yang diajukan si kecil, tentunya dengan bahasa yang musah ia pahami. Bila perlu carilah jawabannya dari berbagai sumber.

4. Berikan Penekanan Pada Proses Bukan Hasil. Hasil tidak terlalu penting. Jadi jangan mengharuskan anak membuat sesuatu yang luar biasa atau bagus. Gunakan standar untuk anak seusianya, bukan standar anda

5. Jangan Terlalu Banyak Membantu. Ini adalah karya si kecil, bukan anda. Jadi biarkan ia melakukannya sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More